4 Hal Yang Menjadikan Anda Layak Menjadi Blogger Full Time

0
718

Tips Menjadi Blogger Yang Sukses

Menjadi Blogger Full Time? Apa bisa dan layak dijadikan pekerjaan bisnis? Ya..ya ini seringkali di tanya kepada saya mengenai apa bisa dijadikan maisah (sumber penghasilan) dengan menjadi seorang blogger? Hemmm..jawabannya sih sangat tergantung Anda sendiri menurut saya! Sebetulnya ini adalah pertanyaan yang simpel dan sederhana, namun bukan sederhana lagi untuk menjawabnya. Karena ada beberapa hal yang berkaitan dengan jawaban hal ini. Yang jelas jawaban bisa dan tidak bisa untuk setiap orang adalah tak sama. Bisa jadi untuk diri saya bisa dan memungkinkan untuk menjadi blogger full time, namun sebaliknya Dada juga untuk Anda belum bisa mengandalkan dari perkerjaan blogger saja.

Pastinya jika Anda bertanya layak atau tidak layak, tentunya Anda sendiri yang bisa menjawab serta mengukurnya. Namun yang jelas berikut ini ada 4 hal yang basa saya simpulkan sementara untuk bisa menjadi blogger full time atau hanya part time. Inilah jawabannya 4 hal tersebut:

  1. Penghasilan Dari Ngeblog Sudah Memadahi

Satu hal yang pasti ketika Anda bertanya, apakah ngeblog bisa dijadikan maisah, penghidupan utama? Yang jelas ini jawabannya dengan pasti, bisa! Dengan catatan, hasil dari Anda ngeblog sudah mumpuni untuk Anda jadikan penghasilan utama. Ya, Anda tinggal menikmati hasil dari ngeblog, Anda sudah mempunyai passive income yang layak dari hasil ngeblog Anda. So, ketika hasil dari ngeblog Anda belum maksimal, atau setidaknya belum bisa mencukupi dari pengeluaran Anda sehari-hari, saya sarankan jangan mengandalkan ngeblog sebagai maisah (penghasilan) utama. Ini masih beresiko ambruknya periuk nasi Anda.

Lalu pertanyaan berikutnya yang tak kalah penting adalah, berapa penghasilan yang memadahi? Pastinya memadahinya setiap orang takarannya tak sama. Ada yang mempunyai penghasilan kisaran $300 Dollar sebulan cukup, ada juga yang mempunyai penghasilan sudah tembus $1000 Dollar sebulan juga belum cukup dan memadahi. Semua saya kembalikan dari orangnya masing-masing. Kenapa simisal Anda sudah punya pendapatan $1000 Dollar per bulan belum cukup dan memadahi, karena ketika Anda ngeblog, menjadi seorang blogger, bisa jadi Anda mendapatkan hasil $1000 Dollar per bulan, namun biaya operasional yang Anda tanggung semisal untuk menyewa domain, membeli hosting dan koneksi internet lebih dari $1000 Dollar, maka ini masih juga dinamakan dengan tombok, belum layak untuk idjadikan penghasilan utama dari ngeblog.

Sebaliknya, meskipun Anda cuman penghasilan bersih $300 Dollar per bulan, dan angka ini sudah kepotong untuk biaya listrik, biaya internet, biaya sewa domain dan hosting, maka sudah hampir bisa dipastikan Anda layak untuk menjadi blogger full time. Namun yang jelas jawaban ini saya kembalikan kepada Anda lagi, apakah Anda dengan $300 Dollar sudah cukup untuk menghidupi diri Anda dan keluarga Anda. Namun jika untuk pemula, menurut saya, Angka segitu, sudah cukupanlah jika Anda memang  nekad untuk menjadi blogger online fulltime. Tinggal Anda mengatur strategi baru meningkatkan penghasilan Anda dengan faktor kali, entah Anda kali jumlah blognya atau Anda kali jumlah postingan artikel, video atau konten lainnya dalam blog milik Anda.

Tips Menjadi Blogger Sukses
Tips Menjadi Blogger Sukses

  1. Anda Suka Dengan Bekerja Sendiri (Self Employed)

Satu hal lagi yang menjadikan Anda layak untuk menjadi blogger sejati (Full Time Blogger) adalah perilaku hidup Anda yang tak suka bekerja dengan orang, tak suka diperintah-perintah orang atau menjadi kulinya orang (maaf, ini adalah bahasa kasar saya). Semangat dan jiwa self employed ini penting dalam mempengaruhi pengambilan keputusan apakah Anda akan tetap ikut orang atau ngeblog sendiri di rumah.

Ini penting, karena meskipun Anda baru penghasilan semisal $200 sebulan, namun tidak kerja dengan orang lain, alias hanya ngeblog saja, maka saya rasa ini adalah sebuah keputusan yang menyenangkan dan menatang untuk menjadi pekerja mandiri (self employe), jadi Anda tidak tergantung orang lain ketika menginginkan sebuah maisyah atau rezeki.

Hal ini penting dan saya rasa cukup penting, apakah Anda layak menjadi blogger online full time atau hanya menjadi kuli orang. Maksudnya disini, semisal Anda ngeblog masih di sambi ikut kerja dengan orang, Anda suka ngeblog memang untuk membangun jembatan menjadi pekerja mandiri, membangun bisnis Anda sendiri, maka ketika sudah pada target tertentu, selayaknyalah Anda sudah resign dari pekerjaan dan menjadi full time blogger. Karena memang jiwa sejati Anda adalah menjadi pekerja mandiri, bukan ikut dengan orang.

So, layak untuk menjadi tidak layak berikutnya ketikan menjadi Blogger Full Time adalah, ketika Anda suka dengan bekerja mandiri, dan ingin membangun bisnis sendiri, maka hal yang wajib dan patut Anda lakukan adan menjadi blogger full time.

  1. Pandai Memanaj Waktu Dengan Baik

Tips berikutnya ketika Anda bertanya, apakah menjadi blogger bisa dijadikan pekerjaan dan maisah untuk hidup dan mnghidupi keluarga Anda? Maka jawaban saya berikutnya adalah jika Anda sudah pandai mengatur,  memanaj waktu sendiri, membuat skdul pekerjan yang baik maka silahkan menjadi blogger full time. Namun sebaliknya Jjika Anda tak pandai mengatur serta mengelola waktu Anda, saya persilahkan jangan coba-coba konyol untuk masuk di dunia rimba kejamnya blogger. Yach, ini dunia blogger Bro! Dunianya adu dunia kompetensi, dunia persaingan, dunia kuat-kuatan membuat kontent yang bagus untuk mengisi jurnal blog Anda. Dunia kreatifitas untuk menghasilkan karya terbaik agar moncer di dunia peronlinenan tingkat lokal ataupun dunia.

Ini belum apa-apa, Belum lagi jika Anda disibukkan dengan dunia optimasi SEO (Search Engine Optimisation) yang saat ini terus berkembang dengan pesat. Jika Anda salah mengatur waktu dalam kehidupan Anda, tak pandai bertarung dengan para blogger lain, maka jangan pernah Anda mendaftar untuk menjadi Blogger Online Fulltime.

Selanjutnya jika Anda memang sudah mandiri, dan pandai membuat skedul kerja untuk Anda sendiri, maka secara tak langung Anda sudah layak dan mumpuni untuk menjadi blogger mandiri. Siap bertarung dan menghasilkan uang lewat jalur menjadi blogger full time. So, dunia blogger full time adalah dunia seni serta kreatifitas yang sejati. Jika Anda hanya tertidur dan tak suka dengan belajar yang terus menerus, saya pastikan jangan pernah menjadi Blogger Full Time seumur hidup Anda, resiko GATOT (GAGAL TOTAL).

  1. Mempunyai Ilmu Yang Mumpuni Dalam Dunia Ngeblog

Satu lagi hal yang wajib Anda tahu dan wajib bisa untuk layak menjadi Blogger Full Time adalah mempunyai ilmu yang cukup serta mumpuni dalam dunia blogging. Ya..ya.. ini betul sekali apa kata salah satu sahabat nabi Ali Bin Abi Tholib, yang pernah memperkuat dengan dalilnya “Man Aradda Dunya Fa Alaihi Bi Ilm’u, Man Aradda Akhirati Fa Alaihi Bi Ilm’m, Wa Man Arrada Humma, Fa Alaihi Bi Ilm’m”

Singkat kata, terjemahan bebas ala Kang Fao>>> Jika Anda menginginkan kehidupan dunia yang layak, yang bagus maka wajib atasnya dengan ilmu, Jika Anda menginginkan kehidupan akhirat dengan layak, maka wajib atasnya mempunyai ilmu dan selanjutnya Barang siapa menghendaki kebahagiaan keduanya (dunia dan akhirat), maka wajib atasnya mempunyai ilmu. So, dengan hanya membaca keteranggan dari ucapan sahabat tersebut saja, sudah jelas bukan? Semuanya wajib memiliki dan menggunakan ilmu.

Ketika Anda ingin menjadi Blogger Sejati, Blogger Online yang dijadikan untuk mencari maisah dan rezeki, pastinya wajib mempunyai ilmu. Tentu Konyol dong! Anda ingin menjadi blogger online hanya modal nekad saja, namun belum memiliki ilmu yang cukup, ilmu-ilmu dasar untuk menjadi seorang blogger sejati yang siap bertarung untuk mencari maisah yang legit dan mudah di dunia online.

Itulah tulisan singkat Kang Fao, apakah layak atau belum layak Anda untuk menjadi Blogger Online Full Time. Yang jelas, jika Anda punya kemauan, punya keyakinan yang kuat untuk sukses dunia dan akhirat khususnya dalam dunia blogging, maka saya yakin pasti ada jalan. Ya, pasti ada jalan meskipun belum memenuhi teori-teori dari 4 hal yang saya sebutkan diatas. Yang, jelas jangan pantang untuk mencoba dan menyerah untuk menjadi blogger sejati adalah kunci utama untuk menjadi blogger sukses. Punya banyak ilmu, namun Anda malas untuk update blog Anda, tentu juga bukan jaminan sukses Anda.

Selanjutnya, meskipun penghasilan blog Anda hari ini belum sesuai dengan harapan, namun Anda terus fight dan tidak gentar dengan gonjang-ganjingnya dunia maya, kecilnya klik cpc, badai banned, musim deindex dan seterusnya maka dipastikan Andalah calon pemenangnya, Blogger Full Time yang sejati!

Salam Sukses Blogger Ala Kang Fao!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY