Cara Sederhana Membedakan Kosmetik Asli Atau Palsu

0
311

Membeli kosmetik di pasaran, Hemm! Saat ini banyak yang beredar palsu! Yach…banyak yang jualan dengan produk palsu atau kw. Namun inilah kenyataan di negeri kita! Saat ini mereka cukup suka, bahkan memang cenderung untuk memilih produk kw daripada membeli kosmetik yang asli. Yang jelas saat ini banyak sekali produk kosmetik yang beredar di pasaran dengan label aspal (asli tetapi palsu). Hanya, sekedar info saja, banyak sekarang ini produk kw, produk kosmetik yang tidak dilengkapi BP POM beredar di masyarakat.

Rata-rata produk ini adalah import dari Thailand atau import dari China, dan seringnya masuk ke Indonesia dengan cara-cara yang illegal. Meskipun illegal, namun bukan hal yang sulit untuk membeli di pasaran dengan produk kosmetik yang kw atau yang palsu ini. Indonesia Bro! Apapun, bisa di beli, apapun bisa di jual dan pastinya tetap ada konsumennya, karena mau beli produk yang asli, pastinya juga mahal. Kenapa enggak, dengan produk tembakan atau produk kwnya saja. So, dalam tulisan sederhana kali ini, Kang Fao ingin berbagi dengan Anda tentang cara membedakan kosmetik yang asli dan yang palsu.

  1. Pastikan Anda Membeli Dengan Gerai Yang Asli

Tips yang paling sederhana ketika Anda hendak membeli kosmetik dengan jaminan asli adalah dengan membeli pada gerai resminya. Ini adalah untuk memastikan jaminan mutu serta kualitas. Mahal?! Pasti dong! Karena memang jika Anda hendak mengorbankan harga, jangan harap Anda akan memperoleh produk yang asli. Yach, inilah yang sering emak-emak lakukan, kadang pengen membeli harga yang murah, mau produk yang asli! Mana ada? He..he..

Yang jelas untuk Anda yang ragu dengan produk-produk palsu, berarti cara yang paling sederhana adalah dengan membeli di outlet atau gerai yang resmi. Ini adalah cara yang paling aman untuk Anda yang masih awam, atau ragu memperoleh produk yang kosmetik palsu.

Jikapun Anda sudah berusaha membeli produk yang di gerai resminya, Anda masih di curangi, maka Anda cukup mudah atau melaporkan kasus ini ke YLKI atau melakukan komplain ke mereka. Sebaliknya jika Anda membeli dengan penjual yang tak resmi, atau toko-toko biasa, maka ketika Anda memperoleh yang palsu, maka bukan mudah untuk meminta tanggung jawab kepada mereka. So, tips sederhana untuk membeli dengan aman kosmetik yang asli adalah membeli dengan outlet yang resmi.

  1. Teliti Sebelum Membeli (Periksa Kemasannya)

Tips yang kedua ketika Anda hendak membeli kosmetik adalah dengan melihat kemasannya. Yach, ini memang bukan hal yang mudah untuk Anda yang belum pernah atau pemula dalam membeli kosmetik. Caranya bisa googling di internet, mencari bagaimana kemasan dalemannya produk yang asli. Saat ini sudah banyak yang melakukan review atau ulasan produk untuk yang branded atau asli. Para pengulas biasanya menyebutkan atau memberikan ilustrasi secara lengkap produk yang ingin hendak Anda beli. Misalnya saja produk POND’s milik Unilever. Saat ini banyak blogger-blogger yang membahas produk tersebut dengan detail dan komplit.

Yang perlu Anda tahu dengan produk ini adalah, saat ini banyak sekali produk kw atau tembakan yang di datangkan dari Thailand atau import dari China.

Apa konsumennya banyak? Hemm..banyak sekali! Saat ini bahkan kaum emak-emak sudah paham dan mengerti dengan produk-produk kw ini, mereka bahkan cukup ketagihan dengan produk ini. Rata-rata mereka merasa cocok dengan produk ini. Namun saran Kang Fao, jangan pernah mengrobankan kecantikan Anda dengan membeli produk-produk yang tidak ada jaminan dari BP BOM tersebut. Kelihatan cukup mengesankan, karena memang biasanya mereka meracik dengan takaran yang cukup tinggi bahan-bahan berbahaya, sehingga akan memberikan efek instan untuk wajah Anda, semisal pemutih.

Kok cuman hanya produk Unilever yang di bahas dalam tulisan ini? Hemmm…ini bukan pesan sponsor lho! Yang jelas untuk produk-produk yang lainnya kurang lebih juga sama, pasti ada produk kw yang di datangkan dengan import yang kualitasnya tidak terjamin dengan BP POM yang di keluarkan oleh pemerintah.

  1. Periksa Bagian Dalamnya, Jangan Hanya Di Lihat Dari Luar Saja

Sebuah produk asli atau bukan biasanya bisa di bedakan ketika melihat daleman produk tersebut. Jika memang kotaknya tidak di segel, tidak di kemas dengan plastik penutupnya, maka silahkan memeriksa bagian dalam produk kosmetik tersebut. Jika Anda bisa membukanya, bisanya yang asli dengan yang abal-abal dari kemasannya sudah cukup bisa di bedakan. Yang kw atau yang palsu biasanya bisa sedikit lebih buram atau kurang terang.

Jadi pastikan Anda buka dulu sebelum membeli kosmetik yang biasanya mudah dipalsukan. Ini yang sering adalah produk-produk yang terkenal dan banyak di gunakan di masyarakat. Sering kali karena memang banyak yang mencari, maka disinilah timbul niat jahat para pelaku bisnis yang suka bermain dengan curang memanfaatkan celah tingginya permintaan dari konsumen wanita. Sehingga mereka membuat produk dengan kualitas kw atau di bawahnya bahkan palsu.

  1. Lihat Dengan Detail Warna Dari Kosmetik

Tips berikutnya ketika Anda hendak membeli dan ingin membedakan kosmetik yang kw dengan yang asli adalah dengan melihat warna produk tersebut. Semisal lipstik, yang asli tentu warnanya akan lebih bagus dan moncer di bandingkan dengan kwnya. Pastinya untuk Anda ibu-ibu jika tidak bisa membedakan atau masih bingung membedakan ini, tentunya kembali lagi dengan tips yang pertama, dengan membeli di gerai atau outlet yang resmi. Sehingga ketika Anda masih awam atau belum paham sama sekali cara membedakan ini, tentu membeli dengan penjual yang resmi bisa lebih aman dan tak was-was. Namun yang jelas, biasanya untuk produk yang palsu, warnanya lebih mencolok kurang bagus di bandingkan dengan yang aslinya.

  1. Aroma Yang Asli dan KW Pasti Beda

Tips berikutnya ketika Anda hendak membeli produk kosmetik yang asli dengan yang palsu adalah dengan membedakan aromanya. Pastinya untuk produk yang asli, Anda tidak akan menemukan aroma yang aneh atau yang tak biasa dari kebiasaan kosmetik atau produk yang akan Anda beli. Selain itu untuk produk yang asli, Anda juga tidak akan menjumpai rasa atau kesan yang berbeda untuk produknya, semisal lipstik maka Anda tak juga menemui rasa yang asin untuk rasa ketika di tempel di bibir, heheh.

Jika kondisi atau keadaan ini Anda jumpai dan Anda memaksakan untuk membelinya, maka hampir bisa di pastikan kecantikan Andalah yang akan menjadi korban dalam pemakaian jangka panjang.

  1. Jangan Tergiur Dengan Produk Berharga Murah atau Harga Miring

Tips berikutnya yang sering menjadikantergiurnya kaum wanita ketika hendak membeli kosmetik adalah urusan harga. Banyak yang terpengaruh untuk membeli produk kosmetik kw dengan harga murah atau bahkan miring dari biasanya. Indikasi sederhana ini sudah menunjukkan ada ketidakwajaran dari sebuah produk kosmetik yang hendak Anda beli. Jadi ketika Anda hendak membeli di toko yang tidak biasa atau di outlet yang tidak resmi, kemudian mereka menawarkan produk yang sama namun dengan harga yang cukup miring, sepatutnya Anda merasa curiga karena memang produk yang di jual asli atau bukan.

Dengan melihat harga murah saja, kita sudah bisa menebak, tentu ada kemungkinan-kemungkinan yang ada dengan produk tersebut, termasuk kemungkinan dengan beredarnya dengan produk yang palsu. Bukannya pesimis atau kita sok gengsi tak mau membeli dengan harga yang murah, namun adalah sebuah kewajaran jika kita merasa aneh dengan harga yang ditawarkan dengan sebuah produk yang original namun dengan harga yang miring.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY