Efek Jelek Pada Kehidupan Kita, Ketika Suka Berfikir Negatif

0
85

Bebaskan Hidup Kita Dari Fikiran negatif!

Pertanyaan sederhana, mengapa ketika kita tanpa sadar suka memikirkan hal-hal negatif akan menghancurkan hidup kita? Yang jelas ini cukup berbahaya pada kehidupan kita, bisa berdampak langsung atau tak langsung dengan kehidupan kita. Ya..ya..tulisan sederhana ini bukan sok paling tahu dan mengerti, namun saya memang banyak membaca salah satu tulisan di Kompasiana Opa Tjiptadinata Effendi, beliau memang kompasianer super produktif yang sering menulis dengan hal-hal yang berbau dengan motivasi dan nasehat. Ini adalah hal yang paling Kang Fao sukai ketika membaca tulisan karya teko tua ini. Meskipun beliaunya kini banyak tinggal di Australia, namun tak pernah lelah untuk berkirim tulisan yang selalu positif untuk kawan-kawan yang ada di Indonesia, khususnya Kompasiana.

Ketika kita sering mengulang-ulang dengan kata-kata yang selalu beraroma negatif, maka secara tak sadar akan membuat sugesti yang negatif dengan hidup kita. Mungkin akan ada sesuatu yang buruk akan terjadi, akan terjadi hal-hal yang selalu kita fikirkan kurang positif terhadap kehidupan kita, akan ada kekhawatiran yang berlebih dengan kehidupan kita. Ketika kita mempunyai kebiasaan ang kuat seperti ini, maka hampir bisa di pastikan akan terjadi.

Yang jelas, ini sama sekali tak ada hubungan dengan sesuatu yang berbau ghaib, dengan jin-jinan atau bahkan tuyul-tuyulan. Ini murni dari sugesti fikiran kita. Jadi, inilah kekuatan fikiran yang selalu di ulang-ulang, entah negatif atau positif, yang jelas akan berdampak positif ketika kita berfikir yang bagus-bagus dan akan berdampak jelek ketika kita lebih kuat berfikir dengan sesuatu yang berkesan negatif atau jelek-jelek.

Ketika ada sebuah ketakutan yang berulang-ulang, semisal seorang isteri akan sangat khawatir untuk suaminya melakukan poligami, karena saking kesalnya dengan sikap-sikap suaminya, dia akan terus menerus berfikir dan berucap, “Kalo seperti ini terus bisa kurus kering hidupku, bisa mati berdiri aku”. Sebuah afrimasi yang terus menerus di ulang-ulang, maka dengan tanpa sadar akan mengutuki dirinya sendiri. Jika dalam istilah bulenya, sering di kenal dengan sebutan:”subconcious mind” akan menjadi sebuah kenyataan dari yang apa selalu negatif fikirkan. Bisa jadi suaminya menjadi benar-benar melakukan poligami dan si Isteri akan kurus kerontang karena terlalu stress memikirkan tingkah suaminya. Padahal suaminya hanya biasa-biasa saja dan bahkan tak ingin melakukan poligami karena memang sangat sayang dengan isterinya, dan tak mungkin untuk melakukan poligami.

Inilah Ajaibnya Fikiran, Akan Mendahului Kenyataan

Fikiran manusia akan selalu berbanding lurus dengan realita, ketika seorang pemain sepak bola akan kena sugesti kalah duluan dalam acara final dengan gertakan lawan, maka hampir di pastikan akan mengalami kekalahan ketika dalam melakukan sebuah laga final tersebut. Sebuah cerita menarik ketika zaman Mohammad Ali yang selalu melemparkan psywar sebelum bertanding dengan lawan-lawannya. Ketika seorang musuhnya sebelum bertanding termakan oleh isu-isu yang di hembuskan tersebut, maka hampir di pastikan Muhammad Ali akan 50% memetik kemenanganya sebelum turun tinju di ring sebenarnya. Inilah efek ketika kita sering termakan dengan isu-isu yang menyusahkan diri kita, dan kita kemakan dengan giringan isu tersebut, akan terjadi sesuai dengan kenyataaan.

Ketika dalam sebuah kehidupan keseharian, ketika kita terbiasa melakukan sugesti dengan diri kita, ketika kita telambat makan maka akan terkena penyakit maag. Ketika kita selalu meyakini ini, dan berfikir tanpa sadar dan dengan sadar akan terjadi sakit maag, maka secara tak langsung ini akan memprogram terhadap otak kita dan akan bekerja dengan alami subconsciousmind. Otak akan melakukan programnya dengan sempurna, kita akan jatuh sakit kena maag ketika terlambat makan.

Di saat kita melakukan interaksi dengan lingkungan kita, dengan masyarakat kita berada, maka kita akan menggunakan consciousmind atau fikiran sadar, sementara di dalam diri kita pribadi akan ada sebuah kekuatan dahsyat yang di sebut subconscious mind atau lebih mudah di namakan dengan alam fikiran bawah sadar.

Sangat Di Perlukan Untuk Selalu Berfikiran Positif

Oleh karena itu mutlak diperlukan ,selalu membersihkan pikiran kita dari segala hal hal yang bersifat negatif Ibarat kita setiap hari membersihkan kamar kita,dengan menyapu debu dan membuang semua sampah sampah, maka pikiran kita juga mutlak perlu dibersihkan dari apa saja yang dapat menciptakan sesuatu yang negatif dalam diri kita Pernah ada kisah,mahasiswa kedokteran, diuji mentalnya. Semua diwajibkan hadir dalam autopsi mayat, yang sudah dikuburkan selama 3 hari. Semua diminta agar mengenakan masker,untuk meminimalkan bau busuk dari kuburan yang akan digali. Begitu kuburan mulai digali dan petinya dibuka, beberapa orang diantara mahasiswa kedokteran ini, jatuh pingsan.

Padahal sesungguhnya di dalam peti tidak ada apa apanya. Hanya sekedar melakukan psikotest bagi mahasiswanya. Hal ini menunjukkan betapa, pikiran seseorang sangat berpengaruh terhadap phisiknya. Mengantisipasinya Untuk mengantisipasi, agar jangan sampai pikiran negatif mengendap dalam diri kita,maka perlu kita setiap hari melakukan introspeksi diri. Cara ini sangat efektif, untuk membangun kesadaran diri kita,agar selalu berpikiran positif dan menjauhkan diri dari mengisi hidup dengan keluh kesah. Tanamkanlah setiap pagi pikiran yang positif. Misalnya begitu bangun pagi dan berdiri, maka pertama tama adalah mengucap syukur kepada Allah yang menciptakan kita. Misalnya :”Praise the Lord, I am still alive. Alhmadulilah, saya masih hidup. Hanya satu kalimat singkat, namun sudah membangun semangat kita, dan membersihkan pikiran dari mimpi mimpi buruk,yang mungkin kita alami sewaktu tidur malamnya.

Sebaliknya, orang yang begitu bangun, mulai mengeluh dengan kehidupannya saat ini, maka seluruh harinya sudah ternoda. Karena orang yang selalu berkeluh kesah dimanapun berada, maka secara tanpa sadar, ia sudah mengutuki dirinya sepanjang hari. Apabila tidak ada yang menyadarkannya, maka hidupnya semakin hari akan semakin terpuruk. Hal ini sesuai dengan pepatah yang sering kita baca dan lihat:” You are what you think” Anda akan menjadi ,seperti apa yang anda pikirkan. If you think you can, You can. If you think You can’t, You can’t!.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY