Tips Sukses Blogger Pemula

Ketika saya banyak ditanya, kenapa saya masih gagal ngeblog? Padahal saya sudah mati-matian mengurusin blog saya. Saya setiap hari sudah online, namun kok belum menghasilkan dollar yang saya inginkan. Oke, mari kawan kita lihat beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula sehingga meskipun sudah ngeblog sekian bulan namun belum tentu bisa menghasilkan dari hasil bermain-main dengan dunia online tersebut.

  1. Tidak Fokus

Ini adalah kesalahan pertama dan paling umum dilakukan oleh blogger-blogger pemula. Ya, ini adalah kesalahan yang kelihatan sederhana namun cukup fatal bagi seorang blogger, khususnya bagi pemula. Efeknya tidak fokus ini sangat jelek terhadap hasil yang Anda inginkan. Misalnya hari ini Anda ingin fokus dengan blog yang dimoneytize (pendulang uang) dengan blog adsense, namun ketika ketemu dengan teman yang sukses dengan toko online atau teman yang dahsyat penghasilannya melalui Amazon, maka Anda sudah mulai bingung menentukan arah mau dibawa kemana blog Anda. Anda sudah ogah-ogahan mengerjakan blog yang saat ini Anda tekuni atau fokusi. Jadi keinginan atau rasa terombang-ambing kesana kemari inilah yang menjadikan Anda tidak sukses-sukses.

Jika saya dulu belajar ke Asian Brain pusatnya Imers kisaran tahun-tahun 2007 hingga 2010. Maka yang Anne Ahira tekankan adalah Fokus, Fokus, Fokus, Fokus, Fokus dan Fokus. Bayangkan di ulang-ulang hingga 5 kali. Ini menunjukkan bahwa kata fokus akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan Anda nantinya. Ini sudah sangat pasti dan hampir bisa dipastikan, ketika Anda tidak fokus dan konsisten dengan ngeblog Anda, maka jangan pernah berharap menghasilkan 1 atau 2 Dollar dari Internet. Ini adalah ilmu lama, ide lama, namun ketika Anda melalaikan, maka jangan pernah bermimpi untuk menjadi blogger sukses. Pastikan Anda konsisten dengan rel yang sedang Anda bangun saat ini. Pada dasarnya, Insak Allah semua berpotensi untuk menghasilkan uang dari internet, namun tetap dengan catatan fokus dan tekun dengan yang apa geluti saat ini. Mau membuat Video Youtube, Mau Fokus Vlogger yang saat ini lagi marak dan trend, mau jadi juragan adsend, ingin menjadi pemain amazon yang top, semua berangkatnya dari fokus. Bukan hanya Cuma bermain-main dengan internet yang isinya hari ini saya suka produksi video youtube, besok ingin Amazon, besoknya lagi Clik Bank, Besoknya lagi melihat kawannya sukses toko online, ya udah deh! Pindah toko online saja, kayaknya enak ini, lebih cepat menghasilkan.

Fikiran-fikiran sederhana yang menggangu inilah yang sangat potensial menjadikan Anda gagal total alias Gatot! Jangan pernah menyalahkan mentoring-mentoring Anda ketika Anda lupa dengan satu kata dengan FOKUS Ini. So, pastikan Anda sebagai pemula atau yang sudah bertahun-tahun belajar internet marketing namun tidak segera berhasil-berhasil plus menghasilkan. Maka tolong di tinjau lagi Mas Bro! Apakah selama ini yang saya lakukan sudah sesuai dengan arahan guru Anda? Atau Anda ketika di mentoring manggut-manggut saja seakan sudah mengerti dan siap action. Namun ketika sudah sampai di rumah Anda lupa dengan apa yang hendak Anda kerjakan, lupa dengan apa yang ingin Anda scedulkan dan seterusnya.Bahkan mungkin yang lebih parah lagi, Anda memegang laptop saja malas-malasan, atau berharap dengan orang lain yang mengerjakan terhadap blog milik Anda. Wow! Alangkah enaknya hidup Anda! Namun ketika tidak ada hasil dan tidak menghasilkan, Anda menyalahkan teman yang mengajari Anda. Anda tinggal menyalahkan kalo gurunya enggak becus mengajari Anda. Kalo saya ada murid punya sikap seperti ini, saya suruh nyebur saja kelaut deh! Sana, bermain-main saja dengan ikan Hiu! Hahaha.

Tips Menjadi Blogger Sukses
Tips Menjadi Blogger Sukses

  1. Terlalu Banyak Belajar Tetapi Tidak Action

Kesalahan berikutnya yang tak kalah aneh dan membikin kegagalan adalah terlalu banyak belajar namun tidak pernah action. Kata yang paling umum dan keren adalah Anda menjadi database ilmu dimana-mana dan kemana-mana, sehingga Anda bingung dengan berbagai ilmu dan akhirnya tidak pernah melakukan action yang menggigit. Tidak pernah melakukan sebuah tindakan yang frontal yang berpotensi untuk menghasilkan blog yang tulisannya berbobot, tidak pernah melakukan action untuk membuat vidoe yang super keren yang menjadikan gegernya dunia peryoutuban Indonesia.

Anda tidak pernah mau untuk belajar dan mencoba untuk menulis dengan tulisan yang halus dan menyentuh. Atau tulisan yang menjadikan orang ingin mencoba makanan yang unik dan aneh karena memang Anda menjadi blogger kuliner. Anda hanya inginnya ngeblog, bermimpi ingin menjadi blogger yang top, namun sehari saja tak tentu menghasilkan satu atau dua tulisan yang enak dibaca, tulisan yang membikin orang mengerti akan indahnya dunia wisata Indoensia (semisal Anda fokus di blog wisata).

Hallo Mas Bro!!! Kemana aja loe selama ini??? Jangan pernah nyalahin guru elo yang katanya tak bisa membimbing kamu menjadi blogger sejati! Jangan pernah menyalahkan mentoring kamu yang katanya dengan ngeblog bisa menghasilkan dollar yang berlimpah atau kesalahan-kesalahan aneh lainnya yang Anda timpahkan pada guru Anda.

Ingat! Anda belajar-dan belajar terus, (hanya sibuk nonton video tutorial, hanya sibuk baca ebook) namun tak pernah action! Mana mungkin dunia berubah mas bro, jika Anda belajar saja namun tak pernah mempraktekkan ilmu yang Anda peroleh. Anda tak pernah tahu peningnya utak-atik tulisan yang pernah ruwet dan tak karuan kesana-kemari. Anda tak pernah mengerti anehnya tulisan Anda ketika awal-awal mencoba menulis yang baik. Anda tak pernah mengerti kacaunya membuat video yang aslinya sederhana namun karena Anda masih pemula sehingga tak tidur bermalam-malam karena hanya ingin tahu bagaimana membuat video yang berkesan nyambung satu adegan ke adegan berikutnya. Semuanya perlu dicoba mas Bro! Jangan hanya tahu enaknya saja gue hari ini! Seakan-akan bisa dibangun hanya dengan satu malam seperti cerita Roro Jonggrang membangun seribu arca hanya dengan sim salabim Jadi! Semua membutuhkan proses dan mau Action mas Bro! Jangan lihat enaknya saja!

Fokus Menjadi Blogger
Fokus Menjadi Blogger

  1. Tidak Punya Manajemen Pengaturan Waktu Yang Baik

Satu lagi kesalahan yang cukup fatal yang menghambat ketika Anda ingin menjadi blogger yang sukses, tidak mempunyai jadwal atau scedul waktu yang baik. Ini kelihatan remeh, namun ketika Anda meremehkan hal ini, maka potensi gagal Anda sangat tinggi. Yach, sangat tinggi sekali mengingat Anda tak pernah mau mengelola waktu Anda dengan baik, dengan cermat dan efisien. Kesalahan ini kadang-kadang yang juga sering terjadi yang sering dilakukan oleh blogger pemula atau blogger kawakan, tidak bisa mengelola waktu dengan baik.

Semisal Anda hari ini mempunyai target untuk membuat 3 video durasi pendek. Namun karena ketika Anda bekerja disambi dengan membuka facebook, membuka berita Detik atau CNN yang lagi hot dan WA HP Anda sedang aktif. Gimana mau kerja produktif? Lah, wong semua kegiatan Anda kerjakan dengan waktu yang bersamaan. Ketika Anda masih dapat 1 video, sibuk menjawab wa grup teman-teman yang lagi lucu-lucunya. Disaat Anda sudah membuat video kedua, disibukkan dengan menjawab mantan lama Anda ingin kangen-kangenan karena tak pernah bertemu. Ketika video kedua belum selesai, Anda masih penasaran dengan berita heboh hari ini dengan Sukidi. Ha.hah mana mungkin mas Bro! Anda produktif dengan optimal hari ini! Semua pekerjaan hanya disambi, tak mempunyai target yang jelas kapan harus selesai, tak memiliki rencana yang pas hari ini wajib memproduksi berapa video atau berapa artikel yang Anda jadwalkan hari ini. Semua tak pernah di cek dan recek dengan hasil kerja Anda. Pokoknya yang penting berjalan dan tak pernah tahu kapan akan rampung selesai. Pengaturan Waktu yang cermat inilah yang kadang-kadang membuat Anda gagal segagalnya. Karena Anda tak pernah mengelola waktu dengan baik, sehingga ketika Anda di beri waktu 24 jam oleh Allah, seakan tak pernah cukup menjadikan Anda menjadi blogger yang sukses. Padahal Anda ketika di beri waktu menyia-nyiakan waktu Anda dengan sempurna! Maka sempurnalah kegagalan Anda! Waktu habis, namun tak pernah menghasilkan karya apa-apa. Umur tambah tua namun tak mempunyai andalan apa-apa, entah blog yang keren, entah toko online yang mulai tumbuh dan berkembang atau video blog yang isinya keren-keren atau passive income dari Amazon dan Adsend.

Itulah tulisan sederhana dari saya tentang kesalahan-kesalahan blogger pemula! Semoga tulisan sederhana ini menjadikan evaluasi, ide yang positif untuk menjadi blogger, pemain toko online, vlogger atau amazoner yang sukses! Bukan Pecundang yang selalu menyalahkan orang lain ketika GAGAL TOTAL! Padahal masih salah mengelola Waktu, Mind Set dan Aktifitasnya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY