Tips Menjadi Blogger Yang Sukses dan Tidak Sombong

Kesombongan Seorang Blogger? Ya..ya..mungkin ini adalah tulisan yang rada aneh dalam tulisan kang fao dot com. Namun yang jelas, saya hanya ingin berbagi kepada teman-teman blogger seIndonesia bahkan mungkin blogger sedunia yang sedang membaca artikel tulisan ini. Salah satunya adalah bagaimana kiat dan tips untuk menjadi blogger yang sukses dan tidak sombong. Heheh, Apakah masih ada seorang blogger yang sangat sombong dan sok jagoan? Tentunya ketika saya menurunkan artikel ini, bisa jadi dilingkungan sekitar kita akan masih ada cecunguk-cecunguk blogger yang masih belum mengerti akan arti luasnya dunia, arti akan luas dan dalamnya ilmu pengetahuan ini, bahkan jika kita telaah lebih dalam, mungkin ilmu manusia bukan apa-apa jika dibandingkan dengan maha hebat dan dahsyatnya ilmu Rabb yang ada dilangit sana. So, pastinya jika dalam bahasa yang paling sederhana, “Diatas Langit Masih Ada Langit”.

Jika kita sebagai merasa sebagai seorang blogger, mungkin akan merasa dan sok jago dalam mendulang trafik, dalam mencari trafik yang dahsyat di dunia maya. Sederhana saya bilang, mungkin itu karena masih menunjukkan kedangkalan seseorang dalam mempunyai ilmu. Jika dalam bahasa keseharian kita, mungkin kita akan sering tahu dengan yang namanya ilmu padi, jika padi semakin berisi, justru akan semakin merunduk. Namun jika seorang sombong dan arogan, jika semakin berisi maka dia akan semakin menunjukkan kesombongannya. So, pertanyaan sederhana bagi Anda yang suka sekali dengan ngeblog, suka sekali dengan dunia blogging, apakah masih perlu seorang blogger akan sombong?

Jauh sebelum saya menulis tentang seorang blogger yang sombong, mungkin sedkit saya akan mengulas, kenapa masih ada saja seorang blogger yang super sombong dan arogan. Karena bisa jadi secara tak langsung dalam hatinya masih terdapat sifat ujub (arab), yaitu sebuah perasaan aku ini paling wah, aku ini lho paling hebat, aku ini lho paling jago mencari trafik, aku ini lho paling pintar dalam menulis artikel dan sejenisnya. Tentunya dengan perasaan yang paling oke ini, dia akan merasa inilah diriku, inilah yang paling bisa aku tonjolkan pada diriku. Sedangkan orang lain tak bisa apa-apa, akan sangat jauh memiliki kemapuan di bawah saya.

Blogger Sukses Indonesia

Sifat sombong ini juga serupa dengan sifat Takabur dalam istilah arab yang lain. Kata takabur lebih dekat dengan arti sombong, yang berarti merasa paling juga. Hal-hal yang menimbulkan kesombongan dalam diri manusia ini karena memang ada pengaruh iblis yang memang memiliki sifat dasar sombong ini. Jika kita sering dalam bahasa agama, mungkin kita pernah tahu yang namanya iblis, dia diusir ke dunia fana karena memang memiliki kesombongan yang luar biasa terhadap nabi Adam. Singkat cerita, karena si Iblis merasa tinggal dulu di lingkungan langit, merasa lebih dulu dan lebih lama beribadah terhadap Rabb, maka ketika Alloh memerintahkan untuk bersujud kepada Adam, sujud penghormatan, maka dengan tegas si Iblis menolak bahwa dia tak mau sujud kepada Adam yang dari sisi penciptaanya saja sudah lebih buruk dari saya, katanya. “Saya terbuat dari api dan Adam terbuat dari tanah liat” Tambah Iblis. Bagaimana saya akan sujud dengan Adam? Hemmmm… inilah salah satu sifat buruk yang kadang terdapat diri manusia yang terkadang suka merendahkan orang lain ketika dia memiliki sebuah kelebihan.

Ya..ya..kadang ketika kita memiliki sesuatu yang bisa ditonjokan mengalahkan orang lain, maka dari sinilah muncul bibit meremehkan orang lain. Merasa paling sok jago, entah jago mencari pengunjung blognya, mencari trafik yang gede, mencari berita yang paling lagi rame di internet, mencari follower di dunia maya dan seterusnya. Sehingga akan dengan mudah mengatakan kepada para new bie-new bie, khususnya dalam dunia blogging, “emang kamu bisa apa?”, mana blog kamu yang paling ampuh dalam mencari trafik?

Tips Blogger Sukses

Hemmmm… apakah kita tidak malu, ketika yang kita sombongin, yang kita pamerin ternyata seorang mastah sejati yang hanya menjadi silent rider? Tak banyak omong, namun banyak sekali referensi dan ilmu dalam dunia blogging, vlogging, pemain lama adsend, ahli dalam bidang Amazon atau mungkin punya kehebatan-kehebatan lain yang jauh melebihi yang kita sombongkan. Apakah kita akan lupa sebuah pepatah sederhana “Kesombongan adalah kelemahan yang di tutup-tutupi“. Saya masih inget dengan salah satu penulis di Kompasiana yang betul-betul menohok diri saya, dengan kata-kata yang cukup lembut menulis dalam artikelnya, jangan pernah kamu banggakan dengan rupiah yang kamu punya saat ini, bisa jadi yang kamu banggakan hari ini itu menurut kamu sangat besar, namun bagi orang lain, itu adalah hanya uang recehan. Waduh..sebuah kata-kata yang betul-betul Mak Jleb, bagi saya!

So, tulisan sederhana ini adalah bukan untuk menyerang siapa-siapa, namun ini merupakan kata-kata arif sederhana bagi saya dan untuk menasehati diri saya sendiri. Semoga jika berkenan untuk berbagi, ijinkan saya berguru pada mastah-mastah blogging di dunia maya ini. Namun berguru demi sebuah ilmu yang bermanfaat, bukan ilmu blogging yang hanya seujung hitamnya kuku yang dibawa kemana-mana yang digunakan untuk menghisab darah newbie. Untuk menganggap remeh bagi pemula-pemula yang sedang dan bersemangat ingin mengais rezeki yang halal di dunia blogging, dunia publisher, dunia PPC Adsend, Hit Revenue, atau affiliasi semisal Amazon, Ali Express atau dunia desain mendesain di grupnya Theme Forest dan sejenisnya.

Mari sama-sama belajar untuk saling menghargai sesama blogger Indonesia, intinya jangan pernah bosan untuk terus belajar dan praktek. Ketika ada new bie yang sedang ingin belajar kepada kita, yakinlah bahwa ilmu yang kita punya adalah anugerah. Ketika kita dengan ihlas mengajari temen-temen yang baru belajar, teman-teman new bie, Insak Allah akan datang keberkahan dalam hidup kita. Bukankah Nabi Muhammad pernah bersabda, Ilmu yang bermanfaat akan memberikan pahala yang mengalir meskipun kita sudah tidak tinggal di dunia ini. Menurut saya, ketika ada sebuah ilmu yang yang diajarkan bermanfaat untuk muridnya, entah itu ilmu dunia atau ilmu akhirat, maka secara tak langsung akan memberikan keberkahan bagi yang mengajarkannya. Bukan malah sebaliknya, menyombongkan apa yang kita punya dan malah meremehkan orang yang sedang belajar kepada kita. Pastinya, ketika ada orang belajar ke kita, kadang belum tentu lebih bodoh dari kita, kadang malah ilmunya jauh diatas kita. Namun dia sudah sangat faham, setiap manusi memiliki kelebihan dan kekurangan, pastinya dari sinilah kearifan kita sebagai seorang blogger di uji dan dipertaruhkan.

Itulah tulisan sederhana, tentang tips dasar sebagai seorang blogger, tips bermain cantik seorang blogger, pastinya apa yang di miliki oleh kita memang kadang belum tentu dimiliki oleh orang lain, namun orang lain juga punya sesuatu yang sangat istimewa yang kadang-kadang kita juga tak memilikinya. Tentunya dengan kita saling menyadari kelebihan dan kekurangan kita masing-masing dan bisa saling menghormati, maka akan menjadi sebuah sinergi mencari ilmu yang luar biasa. Semua manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan semua itu merupakan sebuah anugerah yang wajib kita syukuri, bukan untuk di bangga-banggakan dan diobongkan yang sangat kurang perlu menurut saya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda, dan maafkan jika ada kekurangan dalam tulisan saya ini. Salam Sukses Dari Kang Fao!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY