Tulisan kali ini Kang Fao ingin membahas, sebuah toko online dompet souvenir dot com yang harus naik menjadi page one untuk memenangkan keyword dompet souvenir. Yach, ini adalah trik sederhana untuk teman-teman yang mungkin masih belum paham dan mengerti bagaimana toko online bisa masuk ke halaman satu mesin pencarian Google. Memang sebetulnya jika di lihat dari ilmu SEO, tentunya masih misteri. Kenapa? Tentunya Algoritma Google adalah rahasia Google, Kang Fao bukan pemilik Google, juga tidak mengerti apa yang Google inginkan dengan tepat untuk menjadi halaman satu di pencariannya. Namun meskipun misteri, semuanya tetap bisa di kira-kira dan di analisa yang paling efektif yang mana.

Sebelum jauh melangkah bagaimana menjadikan Dompet Souvenir Dot Com menjadi halaman satu Google, maka saya akan bercerita kelebihan Keyword On Domain. Yach, ini adalah kelebihan yang di miliki dengan toko online bernama Dompet Souvenir Dot Com. Jadi ini adalah termasuk contoh pemilihan nama domain toko online yang mengandung keyword bidikan. Jika untuk tarung di mesin pencari, dari hitungan kasat mata, belum di apa-apain sudah menjadi satu point, karena dari namanya sudah sangat spesifik mengandung niche “dompet souvenir”. Adapun untuk kata kunci anakan semisal: dompet souvenir pernikahan, dompet souvenir murah, dompet souvenir haji dan umroh, harga dompet souvenir, grosir dompet souvenir, distributor dompet souvenir dan jual dompet souvenir tinggal mengembangkan saja. Nanti bisa di bidik untuk acara optimasi selanjutnya, yang jelas keyword utama harus menang duluan.

Biasanya Kang Fao, ketika membangun sebuah toko online untuk memenangkan kata kunci, di mainkan dengan kata kunci utama terlebih dulu atau keyword on domain. Jadi untuk toko online dompet souvenir dot com, kata kunci yang harus menang duluan adalah jelas dompet souvenir. Tentunya ini akan sangat berbeda jika Anda membidik kata kunci dompet souvenir, namun domain yang Anda beli tidak berhubungan sama sekali dengan dompet souvenir, atau ini sering di sebut dengan keyword-keyword branding. Keyword yang terkesan tidak ada hubungannya sama sekali dengan dompet souvenir, namun akan di naikkan, di perkenalkan dalam dunia jual beli online dengan nama tersebut.

Untuk mempermudah analog ini, misalnya untuk gambaran sederhana, sebuah merk yang sudah mapan dan terkenal, Nike atau Adidas. Jika Anda memang penggemar sepatu olahraga atau perlengkapan olah raga yang berkualitas dan mempunyai kesan istimewa kelas atas, maka Nike atau Adidas adalah brand yang Anda akan pilih. Kesan ini memang sudah menancap dengan kuat untuk produk mereka. Karena hanya mendengar atau melihat kata Adidas atau Nike, sudah menggambarkan produk yang berkualitas. Cukup keren bukan? Yach, sebuah merk jika sudah matang, sudah di optimasi dengan habis-habisan, maka secara otomatis merk tersebut akan terkenal dan menceritakan sendiri apa kehebatan dan kelebihan produk dengan merk tersebut.

Ini pun juga tak jauh beda jika Anda melihat dengan produk-produk otomotif semisal produsen mobil. Semua merk, ketika di sebut, tentu akan muncul di benak Anda dengan kelebihan dan kekurangan sebuah produk tersebut. Semisal Anda menyebut merk Honda dan Totoya, maka akan timbul di benak Anda dengan persepsi mobil dengan merk tersebut. Mungkin Anda sebut Mercy dengan Nissan, maka juga akan memberikan persepsi yang berbeda-beda dengan produk tersebut. Jadi bukan hal sederhana untuk menaikkan merk ini menjadi benak yang positif di ingatan konsumen atau yang ingin kita bangun sehingga menancap dengan bagus yang di persepsikan konsumen.

Oke, kembali lagi dengan pemilihan nama domain, maka bisa di pastikan bahwa dengan Anda memilih keyword yang tak ada hubungannya dengan dompet souvenir, untuk jangka pendek memang belum akan terkenal, namun untuk jangka panjang akan sangat menguntungkan. Misalnya, Kang Fao mempunyai toko online bernama Callytsa Shop dot com (www.callystashop.com). Ini juga toko online milik Kang Fao, satu tahun yang lalu (2016) ketika awal mempunyai domian,  tak ada yang pernah tahu, toko online callysta shop jualan apa, memasarkan apa? Namun yang jelas ketika Anda hari ini ingin memesan dompet dengan desain etnik plus dompet dengan harga yang murah untuk souvenir, maka Callysta Shop lah tempatnya. Ini adalah toko online terbaik yang melayani dompet dengan harga murah untuk keperluan berbagai souvenir. Kesan dan pesan ini saya bangun ketika mulai membesarkan dan melakukan optimasi branding toko online dengan nama Callysta Shop.

Untuk domain Callysta Shop ini adalah dompet keberuntungan bagi Kang Fao, kenapa? Karena domain ini adalah domain yang sudah saya incar sejak dulu, tetapi sudah ada yang punya. So, ketika tahun 2016 kemarin, saya mlihat domain ini sudah tidak di perpanjang lagi dengan yang punya sebelumnya. Okelah, saya dengan isteri langsung memutuskan untuk segera membeli domian ini, karena memang nama Callysta adalah nama anak pertama kami. Yach, sebuah simbol keberuntungan bagi kami, memesan domain dengan nama anak kami yang pertama, Callysta.

Jika dilihat dari data https://archive.org/, maka penampakan pertama kali dari website Callysta Shop adalah Tahun 2011. Sebuah domain yang cukup berumur dan mempunyai nilai plus dengan kriteria aged domian. Pastinya domain yang cukup berumur akan lebih istimewa di bandingkan dengan fresh domain yang belum ada catatan apa-apa di mesin pencari, di back link dan seterusnya.

Kembali lagi cerita tentang pemilihan domain yang bertujuan untuk branded dan bukan branded, maka coba pikirkan baik-baik untuk membelinya. Karena kadang kita menyesal dengan membeli domain yang sudah terlanjur kita pesan, namun cukup sulit untuk melafalkannya, domain tersebut sering salah ucap. Sehingga ketika mengoptimasinya, sering salah atau ketukar dengan domain milik orang lain. Ingat!!! Satu keyword atau domain akan selalu mewakili satu bisnis yang berbeda.

Masih Penasaran Dengan lanjutannya…Saya akan teruskan tulisan ini setelah saya selesai keluar kota nanti….heheh

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY