Wisata Banyuwangi Pulau Merah

0
231

Wisata Pulau Merah Banyuwangi

Wisata Banyuwangi, mana sih yang paling keren dan paling banyak di googling hari ini? Hemmm…ini merupakan pertanyaan yang sering muncul untuk teman-teman yang memang tinggalnya jauh dari kota Banyuwangi dan ingin melihat secara langsung dengan pesona wisata yang di tawarkan dengan Banyuwangi. So, dalam tulisan kali ini penulis ingin bercerita kepada Anda dengan wisata Banyuwangi Pulau Merah.

Salah satu hal yang sering ingin di tanyakan teman-teman dengan wisata baru yang ada di Kabupaten berjuluk Sun Rise Of Java ini adalah Bagaimana untuk menuju wisata Pulau Merah ini jika dari Surabaya? Yang jelas memang Pulau Merah  berada di ujung paling timur Pulau Jawa, sehingga yang paling sering di tanyakan adalah Bagaimana menuju Banyuwangi jika naik bis atau angkutan umum? Karena Banyuwangi sudah terkenal dengan wisata alam bertema pantai ini, sehingga mereka cukup penasaran dengan bagaimana menuju Banyuwangi.

Tentu pertanyaan ini lebih menatang lagi untuk mereka yang suka dengan touring menggunakan sepeda motor, bagaimana cara yang paling efisien dan singkat untuk menuju kota Gandrung Banyuwangi, khususnya wisata dengan nama Pulau Merah ini. Ya..ya.. jika Anda memang tertantang dengan wisata di sini, pastinya tulisan sederhana ini akan memberikan petunjuk untuk Anda, rute yang bisa Anda lalui jika hendak bertandang ke kota wisata yang saat ini paling moncer di Banyuwangi, Pulau Merah.

Rute Dari Surabaya

  1. Jika Naik Angkutan Bus Umum

Untuk Anda yang ingin ke Banyuwangi, khususnya untuk berwisata Ke Pulau Merah Banyuwangi dan Anda mengambil rute dengan naik Bus Umum, maka rutenya adalah sebagai berikut.

Silahkan Anda naik bis umum dari Terminal Bungurasih Surabaya, penulis sarankan untuk mengambil yang Patas Ya! (Karena banyak copet antara perjalanan Pasuruan hingga Jember). Jadi ini adalah tips sederhana untuk mengurangi resiko Anda di jalan ketika menuju Banyuwangi. Untuk Anda yang sudah terbiasa dengan jalur Surabaya Banyuwangi, silahkan ambil bus dengan kelas ekonomi. Namun untuk Anda jika ingin aman dan nyaman, saran penulis adalah mengambil bis dengan tiket yang Patas, toh juga selisihnya tidak mahal-mahal amat untuk jurusan Surabaya-Banyuwangi.

Jika Anda naik bus umum, rute yang akan Anda lewati adalah Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Jember-Banyuwangi (Turun Terminal Jajag Ya, bukan di Banyuwangi Kotanya).

So, inilah rute yang bisa Anda tempuh ketika Anda hendak ke Pulau Merah Banyuwangi.

  1. Naik Motor

Jika Anda berniat untuk menikmati asiknya perjalanan, Surabaya Banyuwangi, maka alangkah eloknya jika memang Touring bareng-bareng dengan teman Anda menggunakan sepeda motor. Karena kiri kanan rute yang Anda lalui cukup indah, Anda akan berjumpa dengan jalan yang berkelok-kelok, pemandangan hutan Gumitir yang masih perawan ketika hendak memasuki kota Genteng Banyuwangi. Belum lagi di tambah dengan Anda bisa mampir dengan kuliner yang khas di sepanjang jalan dari Surabaya menuju Banyuwangi.

Jika Anda jalan santai (kisaran 80km/jam hingga 100 Km/per jam, maka kira-kira perjalanan Surabaya-Banyuwangi >>>kota Jajag, kisaran 8 hingga 9 jam).

Setelah Anda masuk di Kota Jajag, selanjutnya Anda bisa mencari rute menuju Pesanggaran. Kira-kira dari Jajag menuju Kecamatan Pesanggaran cuman 30 Km lagi. Setelah itu Anda akan menjumpai wisata yang kini cukup di buru oleh wisatawan ASEAN, yaitu Pulau Merah Banyuwangi.

  1. Naik Pesawat

Jika Anda ingin menuju Banyuwangi dengan cepat, kini sudah ada penerbangan rute Surabaya-Banyuwangi. So, jika Anda memang ingin cepat dan efisien, maka silahkan membeli tiket ke Banyuwangi dari Bandara Juanda Surabaya.

Setelah sampai Banyuwangi (Bandara Blimbingsari), maka Anda tinggal meneruskan perjalanan menuju Pulau Merah, bisa menggunakan Taxi, atau menggunakan angkutan umum. Adapun rutenya adalah Bandara Blimbingsari-Rogojampi-Benculuk-Jajag-Pedotan-Pesanggaran. Jika Anda mau mudah, saat ini juga ada angkutan Bus Damri yang mangkalnya mulai dari Jajag. Jadi bisa juga Anda menuju terminal Jajag kemudian mencari angkutan Bus Damri yang khusus ke Pulau Merah. Ini juga akan memudahkan Anda untuk berwisata ke Pulau Merah.

  1. Naik Taksi atau Jasa Travel Surabaya-Banyuwangi

Cara yang cukup praktis, murah dan juga efisien adalah dengan menggunakan taksi, jasa travel yang mempunyai rute Surabaya-Banyuwangi. Jadi ketika Anda hendak berlibur ke Banyuwangi, maka Anda bisa juga menggunakan jasa travel yang ada di Surabaya, biasanya Avanza menuju kota Gandrung ini. Untuk harga relatif murah juga, kisaran Rp150.000,-. Jadi Anda bisa dengan santai, kemudian fokus istirahat di mobil ketika menggunakan angkutan jasa travel Surabaya Banyuwangi ini.

Pesona Wisata Pulau Merah Banyuwangi

Jika dalam tulisan di atas berkaitan dengan bagaimana menuju banywuangi dari Surabaya, maka tulisan ini penulis ingin bercerita tentang asik dan kerennya wisata Pulau Merah. Apa sih istimewanya Pulau Merah? Hemmm…Ya..ya..inilah yang penulis ingin bercerita kepada Anda tentang eloknya Pantai yang masih alami bernama Pulau Merah ini.

Sepintas bercerita tentang keindahan wisata Pulau Merah adalah pantai ini setiap tahun, sering di gunakan sebagai ajang Selancar Intenational (untuk surfing bro!). Yach, Banyuwangi kini cukup rajin mengupdate festival-festival yang di gelar dengan level nasional atau International. So, salah satu event tahunan Banyuwangi yang cukup bergengsi dan menjadikan decak kagum para persurfing International adalah Pulau Merah ini.

Tentunya ini merupakan pantai yang punya kelebihan di gunakan sebagai ajang Surfing yang pesertanya rata-rata setiap tahun dari seluruh dunia ini. Setiap tahun para peselancar lokal dan bule-bule mengadu ketangkasan dalam menaklukkan ombak yang ada di Pulau Merah ini. Hemm..cukup keren bukan? Pastinya keren sekali.

Tentunya jika Anda ingin melihat Pantai dengan warna air yang jernih, tentunya di Pulau Merah ini. Sedikit pula cerita, kenapa Pantai ini di namakan Pulau Merah? Karena memang ketika Anda berkunjung di pantai ini, Anda akan melihat Pulau yang ada di seberang pantai dan mempunyai warna yang kemerah-merahan (tanahnya). Untuk memudahkan dalam menjuluki pantai ini, maka di namakan Pantai Merah, atau lebih terkenal dengan sebutan Red Island (Pulau Merah, rata-rata bule sudah tahu lho, dengan pantai yang cukup bersih dengan pasirnya ini).

So, untuk Anda yang ingin berwisata selain di Bali yang bisa di gunakan untuk selancar, pastinya ya Pulau Merah atau di Pantai Plengkung yang sama-sama berada di Banyuwangi ini. Yang jelas dengan pesatanya kemajuan media sosial, banyak teman-teman dari Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam yang ingin melihat kemolekan Pantai Pulau Merah ini. Katanya, mereka kepincut wisata ini hanya dari share yang di dapat dari Instagram, Facebook maupun Twitter. So, cukup keren bukan pantai yang ada di Jawa Timur ini? Pastinya keren sekali!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY